Abu Nawas yang nampak lucu dan sering menyenangkan orang itu ternyata bisa berubah menjadi garang dan ganas serta mampu membalas dendam terhadap orang yang mengusiknya

Inilah 7 Kelebihan Iblis dan Setan Dibanding Manusia


Di dalam kehidupannya, para iblis dan setan memiliki banyak kelebihan-kelebihan dibanding manusia secara umum sebagai musuh utama mereka. Berikut adalah kelebihan para setan :

1. PANTANG MENYERAH

Setan tidak akan pernah menyerah, selama keinginannya untuk menggoda manusia belum tercapai. Sedangkan manusia, banyak yang mudah menyerah dan malah sering mengeluh.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

" إن الشيطان قال : وعزتك يا رب لا أبرح أغوي عبادك ما دامت أرواحهم في أجسادهم ...

Artinya: "Syetan/iblis pernah berkata: "Wahai Robb, Demi kebesaranmu dan Kemuliaanmu, aku benar-benar senantiasa akan menyesatkan manusia selama Ruh mereka masih ada di dalam jasad mereka." (Hasan, HR Al-Hakim, dll (As-Shahihah (104)) 

2. SELALU BERUSAHA

Setan akan mencari cara apapun untuk menggoda manusia, agar tujuannya tercapai, selalu kreatif, dan penuh dengan ide mutakhir. Sedangkan manusia, ingin enaknya saja, banyak yang malas.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

إن الشيطان يحضر أحدكم عند كل شيء من شأنه حتى يحضره عند طعامه

Artinya: "Sesungguhnya syetan berusaha menghampiri kalian dengan berbagai cara (/trik2), hingga cara hadir saat kalian makan." (Shahih, HR Muslim (5423), Ahmad (15237))

3. KONSISTEN

Setan dari mulai diciptakan tetap konsisten pada pekerjaannya, yaitu mengajak menggelincirkan manusia dari kebenaran, mereka tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan manusia, banyak yang mengeluhkan pekerjaannya, padahal banyak manusia lain yang masih mengaggur.

Allah Ta'ala berfirman:

ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Artinya: "iblis/syetan berkata kepada Allah: 'saya benar-benar akan mendatangi manusia dari arah depan, lalu dari arah belakang, dari arah kiri, dari arah kanan, dan engkau benar-benar tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur kepada-Mu." (QS. Al-A'raf: 17) 

4. SOLIDER (SALING KERJASAMA)

Sesama setan tidak mudah saling menyakiti, bahkan selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Sedangkan manusia, jangankan peduli terhadap sesama, kebanyakan malah saling membunuh dan menyakiti.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

((إذا أصبح إبليس بثّ جنوده، فيقول: من أضل اليوم مسلمًا ألبسته التاج...؟!،

"Setiap pagi hari Iblis mengumpulkan dan meyiarkan seruan kepada tentara-tantatanya (dari kalangan syetan) Seraya menyeru; Wahai tentara-tentaraku semuanya Barangsiapa yang mampu menyesatkan orang-orang muslim di hari ini, maka aku akan beri Hadiah berupa mahkota..?!!! (Shahih, HR Ibnu Hibban, dll (As-Shahihah: 1280))

5. CERDAS

Setan paling pintar mencari cara agar manusia tergoda dan terhasut olehnya. Sedangkan manusia, banyak yang tidak kreatif, bahkan banyak yang jadi peniru dan plagiat. 

Dalam hadits, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: 

Tatkala syetan-syetan berkumpul menghadap ke Rajanya (iblis), masing-masing mereka berkata: Saya berhasil menggoda manusia sampai ia durhaka kepada kedua orang tuanya…!!

Syetan yang lain berkata: Saya juga telah berhasil menggoda manusia supaya ia menceraikan istri nya..!! 

Syetan yang lain lagi berkata: Saya juga berhasil menggoda manusia supaya berbuat syirik..!!: Ada juga syetan yang berkata: "Saya berhasil menggoda manusia supaya ia melakukan pembunuhan", 

(Shahih, HR Ibnu Hibban, Al-Hakim, Ibnu Abi Syaibah, Ar-Ruyani, di Shahihkan oleh Al-Hakim, Adz-Dzahabi, Al-Arna'ut, Al-Albani (As-Shahihah: 1280))

6. TANPA PAMRIH

Setan itu bekerjasama untuk mengganggu manusia 24 Jam silih berganti, tanpa mengharapkan pamrih / imbalan atas kekalahan atau kemenangannya dalam menggoda manusia. Sedangkan manusia,jika meminta pertolongan apapun harus dibayar.

Inilah kerjasama yang di lakukan para syetan. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda tentang orang yang gemar berdzikir: 

[ ورأيت رجلا من أمتي احتوشته الشياطين فَجَاءَهُ ذِكْرُ اللَّهِ عز و جل فَخَلَّصَهُ مِنْهُمْ

Artinya : "Aku benar-benar takjub terhadap sebagian umatku yang setiap harinya di kepung oleh para syetan, akan tetapi ia gemar berdzikir kepada Allah sehingga para syetan satu persatu dapat terusir/ tersingkirkan." 

(Hasan lighairihi, HR Thabrani, di hasankan oleh Abu Musa Al-Madini , ibnu Thaimiyyah (Di sebutkan oleh ibnul Qoyyim dalam kitabnya "Al-Wabilus Shayyib" (hal. 113)) 

7. SUKA BERTEMAN

Setan adalah makhluk yang selalu ingin berteman, terutama dengan manusia. Agar banyak temannya di Neraka kelak. Sedangkan manusia, banyak juga yang lebih memilih mementingkan diri sendiri dan egoisme.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya:

"Sesungguhnya Syetan itu musuh kalian, maka jadikanlah mereka itu musuh, karena sesungguhnya syetan itu senantiasa mengajak pengikut-pengikutnya (teman-temannya dari manusia), supaya sama-sama menjadi penghuni Neraka Sa'ir." (QS. Fathir: 6)

Tujuh kelebihan setan ini , harus menjadi motivasi bagi seluruh umat manusia untuk bersemangat dan teguh dalam menegakkan Agama islam yang haq, agar dapat lebih baik tentunya dibandingkan mereka para setan ini yang sangat semangat dalam mengajak kebatilan... Betul ?! (Lilik ibadurrohman)

2 comments :

  1. Terimakasih atas artikelnya, sungguh bermanfaat sekali.salam

    ReplyDelete
  2. Banyak manusia mengatasnamakan agama,,,pasti ini sahabat iblis

    ReplyDelete